Cara Mencari Akar Pangkat 2 Kuadrat Manual & di Excel

Cara Mencari Akar Pangkat 2 ( Kuadrat ) – Pada ulasan kali ini kita akan mencoba membahas tentang bagaimana cara Menghitung akar kuadrat/ pangkat 2 secara manual yang mudah, sederhana, cepat, dan benar lengkap dengan menggunakan Rumus Akar di Excel dan rumus secara perhitungan manual. Sebenarnya terdapat banyak cara menghitung akar kuadrat dari suatu bilangan. Dari banyak cara ini, kita perlu memilih mana yang paling tepat dan sesuai bagi kita atau anak-anak kita. Disini kita akan mengadakan riset bagaimana cara mencari akar pangkat 2 yang paling mudah dan cepat untuk kita pelajari. Anak-anak usia dini, usia 4 atau 5 tahun, dapat menghitung ini dengan menggunakan rumus akar kuadrat di excel.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mencari akar kuadrat, tahukah anda jika rumus akar kuadrat merupakan salah satu perhitungan dasar yang sudah diajarkan mulai dari kelas SD, SMP hingga SMA. Jadi tidak salah jika soal akar kuadrat juga ditemui pada soal ujian akhir nasional (UAN), SNMPTN, SPMB maupun ujian masuk perguruan tinggi negeri/swasta lainnya.

Oleh karena itu, cara mencari akar pangkat 2 ini merupakan salah satu materi penting yang harus diketahui dan dikuasai oleh para pelajar atau mahasiswa. Bila kita menanyakan berapakah akar kuadrat dari 4, 9, 16, 25, dan 36? Tentu jawabannya sudah diketahui dengan baik, yakni 2, 3, 4, 5, dan 6. Akan tetapi bagaimana bila akar kuadrat ingin diketahui saat ujian adalah 746? Tentu kita harus mencari akar kuadrat bilangan tersebut secara manual.

cara menghitung akar pangkat 2

Ada dua teknik mencari akar kuadrat secara manual yang dapat dilakukan oleh anda. Cara pertama adalah Trial and error (coba-coba) dan cara kedua menggunakan metode hitung penarikan akar kuadrat dengan rumus akar di excel. Nah, langsung saja mari kita coba cara menghitung akar pangkat 2 / kuadrat di excel terbaru 2018 berikut ini.

Cara Mencari Akar Pangkat 2 Secara Manual :

Contoh soal mencari akar kuadrat misalkan, carilah akar dari   \sqrt{361} , mengenai jawaban pembahasan soal menghitung akar dari 361 disamping, bisa anda simak ulasan lengkapnya yang kami paparkan dibawah ini.

mencari akar kuadrat

Dari gambar yang kamu sajikan diatas, berikut penjelasan langkah langkah nya dalam mencari akar pangkat 2 suatu bilangan :

1. Tulis bilangan 361 dengan memisahkannya seperti pada gambar

2. Angka 2 kecil berwarna hitam ini paten (tetap), tidak boleh dirubah.

3. Perhatikan angka 3 pada pemenggalan bilangan 361

4. Bilangan bulat positif berapakah yang jika dikuadratkan maka hasilnya mendekati 3 (tidak boleh melebihi). Tentu bilangan yang dimaksud adalah 1. Tulis di atas, berwarna biru (ini adalah hasil sementara)

5. Seperti pada pembagian, 3 dikurangi 1 sama dengan 2. Kemudian turunkan 61. Menjadi 261

6. 2 warna merah berasal dari perkalian hasil sementara dengan angka 2 kecil berwarna hitam.

7. “duapuluh berapa dikali berapa” yang hasilnya mendekati 261. (“berapa” di sini haruslah sama. harus yang paling mendekati dengan 261. Tidak boleh melebihi) Ini langkah yang bisa digunakan dengan coba-coba.

8. Tentu akhirnya kita dapatkan angka 9 (berwarna biru muda). Karena 29 \times 9=261

9. Tulis di atas (berwarna biru muda).

10. Karena sudah bersisa 0, maka sudah selesai.

Sehingga hasilnya adalah 19.Sangat mudah bukan perhitungan mencari nilai akar pangkat 2 dari suatu bilangan diatas ? Nah sebagai pelengkap dalam menambah wawasan anda seputar ilmu matematika, berikut juga akan kami paparkan rumus/ fungsi mencari akar pangkat 2 menggunakan microsoft excel.

Cara Menghitung Akar Kuadrat di Excel

Rumus Mencari Akar di Excel

Untuk mencari akar dari bilangan rumus/syntaxnya =SQRT(Number) . Keterangan: Number merupakan bilangan yang akan kita cari akarnya, atau cell dimana nilai yang akan kita cari akarnya.

Contoh:
Akar dari 10, ditulis di excel dengan Rumus =SQRT(10).

Mencari Pangkat Di Excel

Untuk menghitung pangkat dari suatu nilai atau sebuah bilangan kita tidak perlu pusing. Cukup gunakan saja rumus mencari pangkat di excel yang menurut anda paling mudah dari dua rumus berikut:

Rumus POWER Syntaxnya =POWER(Number,Power)

Keterangan :

  • Number = Angka / bilangan yang akan dipangkatkan.
  • Power = Nilai perpangkatan.

Rumus “^” ( Lihat Pada Keyboard kita masing-masing tepatnya pada angka 6 ). Syntaxnya =Number^Power.

Contoh menulis 10 pangkat 2 di excel dapat anda lakukan dengan Rumus =10^2.

Sekian ulasan kita kali ini mengenai Cara Mencari Akar Kuadrat/ Pangkat 2 + Contoh Rumus Akar kuadrat di Excel terbaru 2018 yang bisa kita bahas kali ini. Semoga apa yang telah kita pelajari dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Keywords:

rumus mencari akar kuadrat,contoh soal akar pangkat 2 dan penyelesaiannya,contoh soal akar pangkat 2,contoh soal akar kuadrat,contoh mencari soal akar,contoh akar pangkat 2,cara menghitung akar kuadrat untuk anak kelas 4,cara mencari pangkat yang jawabannya sud ah diketahui,cara mencari akar pangkat 2,cara langsung metode penarikan akar