Cara Menghitung Berat Badan Ideal Yang Sehat

Berat Badan Ideal – Sebenarnya cara menghitung berat badan ideal pria dan wanita yang sehat cukup mudah untuk dilakukan dan mungkin kita semua bisa melakukannya langsung dirumah tanpa harus pergi ke dokter. Standarnya setiap orang baik pria atau wanita memiliki berat badan ideal yang mana hal ini akan cukup untuk mengetahui apakah orang yang bersangkutan tersebut termasuk dalam kategori sehat atau tidak. Ada beberapa metode untuk menghitung berat badan ideal, kali ini kita akan membahasnya secara lengkap langsung dalam artikel ini.

Berat tubuh ideal pastinya jadi idaman tiap-tiap orang baik itu pria ataupun wanita. Mempunyai berat ideal bakal tingkatkan rasa yakin diri dalam aktiftas keseharian ataupun dalam kebiasaan pekerjaan. Banyak pula yang bertanya-tanya dalam hati mereka apakah berat tubuh mereka telah ideal atau belum? Tahukah anda jika berat tubuh serta badan yang ideal itu tak dapat cuma merujuk pada berat hasil timbangan saja.

Menurut badan kesehatan dunia ada standard dan patokan berat badan yang ideal, baik berat badan ideal wanita atau juga berat badan ideal bayi sehingga seorang dapat disebutkan sudah mempunyai berat yang ideal dan sehat secara jasmani. Penting juga untuk diketahui bahwa memastikan berat tubuh itu ada rumus berat badan ideal yang dapat dipakai. Umpamanya rumus menghitung berat badan yang kerap jadikan referensi yakni rumus BMI (body mass index) serta rumus Brocha. Ke-2 rumus itu sangatlah umum jadikan alat kalkulasi tubuh ideal. Nah, berikuta adalah cara menghitung berat badan Ideal menggunakan kedua rumus tersebut.

berat badan ideal

Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus BMI

Rumus BMI (Body Mess Index) atau yang umum juga diketahui dalam bahasa Indonesia sebagai IMT (Indek Massa Tubuh) kerapkali di jadiak referensi untuk tahu berat tubuh seorang. Rumus ini menggabungkan perhitungan pada tinggi serta berat tubuh seorang. Hingga akhirnya bakal jadi berat tubuh ideal orang itu. Berukut ini rumusnya :

Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi tubuh)

Sebagai Contoh : Berat tubuh anda 50 kg : (1, 68 m x 1, 68 m) = 45 : 2, 82 = 17, 0 yaitu Nilai BMI anda.

Patokan Standar BMI Untuk Wanita

Nilai BMI serta kategorinya:

  • BMI 18 =Under Weight/Kurus – Baiknya mulai memberi berat tubuh serta konsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga
  • BMI 18 – 25 =Normal Weight/Normal – Bagus, berat tubuh anda termasuk juga kelompok ideal
  • BMI 25 – 27 =Over Weight/Kegemukan – anda telah masuk kelompok gemuk. baiknya jauhi makanan berlemak serta awalilah tingkatkan berolahraga satu minggu minimum 2 kali
  • BMI 27 =Obesitas – Baiknya selekasnya bikin program turunkan berat tubuh lantaran anda termasuk juga kelompok obesitas/sangat gemuk serta tak baik untuk kesehatan.

Patokan Standar BMI Untuk Pria

Nilai BMI serta kategorinya:

  • BMI 17 = Under Weight/Kurus – Lebih mengkonsumsi makanan berkalori
  • BMI 17 – 23 = Normal Weight/Normal – Selamat berat tubuh anda termasuk juga ideal
  • BMI 23 – 27 =Over Weight/Kegemukan – Mesti waspada
  • BMI 27 =Obesitas – Warning, baiknya mengawali program menurunan berat tubuh supaya lebih ideal.

Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Brocha

Seperti sudah kita singgung pada awal ulasan, berbeda dengan BMI, rumus Brocha ini juga kerap jadikan referensi dalam memastikan berat tubuh ideal seorang. Bagaimana menghitung berat badan ideal menggunakan rumus brocha? Berikut ini langkah step by step-nya.

Rumus Brocha Untuk Menghitung Berat Bada Ideal Wanita

Berat wanita ideal = (Tinggi tubuh – 100) – (15% x (Tinggi tubuh – 100)).

Contoh menghitung rumus brocha pada wanita yang mempunyai tinggi tubuh 167 cm, berapakah berat idealnya adalah sebagai berikut:

(167 – 100) – (15% x Tinggi tubuh – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10, 5 = 56. 5 Kg.

Jadi berat tubuh ideal wanita dengan tinggi 167 cm yaitu 56, 5 kg.

Catatan: Prosentase 15% dapat dirubah jadi 10% dengan prasyarat bila wanita tersemut terasa begitu sehat serta begitu bugar.

Rumus Brocha Untuk Menghitung Berat Bada Ideal Pria

Berat pria ideal = (Tinggi tubuh – 100) – (10% x (Tinggi tubuh – 100)).

Contoh menghitung rumus brocha pada pria dengan tinggi tubuh 175 cm, berapakah berat idealnya? Berikut pembahasannya:

(175 – 100) – (10% x (Tinggi tubuh – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7, 5 = 67. 5 Kg.

Jadi berat tubuh ideal pria itu menurut rumus brocha yaitu 67. 5 kg.

Dari sini kami harap anda sudah tidak bingung lagi untuk menghitung berat badan ideal dengan menggunakan 2 metode menghitung berat badan ideal diatas yang mana sangat mudah dan sederhana. Sekian ulasan mengenai cara menghitung berat badan ideal yang sehat yang dapat kami tuliskan kali ini, semoga dapat bermanfaat.