Cara Menghitung Dosis Obat Untuk Bayi, Anak, dan Dewasa

Menghitung Dosis Obat – Pada ulasan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menghitung dosis obat untuk bayi, anak, dan dewasa. Seperti yang kita ketahui bahwa dosis adalah takaran obat yang diberikan dokter kepada pasien yang dapat memberikan efek farmakologis (khasiat) yang diinginkan. Secara umum penggunaan dosis obat dalam terapi dibagi menjadi 2, yakni dosis lazim dan dosis maksimum/maksimal.

Dosis lazim adalah dosis yang digunakan sebagai pedoman umum pengobatan (yang direkomendasikan dan sering digunakan) sifatnya tidak mengikat (biasanya diantara dosis mimimum efek dan dosis maksimum). Sedangkan dosis maksimum adalah dosis yang terbesar yang masih boleh diberikan kepada pasien baik untuk pemakaian sekali maupun sehari tanpa membahayakan (berefek toksik ataupun over dosis). Untuk terapi sebaiknya menggunakan pedoman dosis lazim.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas cara menghitung dosis obat dalam jumlah yang tepat untuk diberikan kepada penderita atau pasien baik dalam satuan berat (gram, milligram,mikrogram) atau satuan isi (liter, mililiter) atau unit-unit lainnya (Unit Internasional). Kecuali bila dinyatakan lain maka yang dimaksud dengan dosis obat obat untuk dewasa yaitu sejumlah obat yang memberikan efek terapeutik pada penderita orang dewasa, juga disebut dosis lazim atau dosis medicinalis atau dosis terapeutik.

menghitung dosis obat

Bila dosis obat yang diberikan melebihi dosis terapeutik terutama obat yang tergolong racun ada kemungkinan terjadi keracunan, dinyatakan sebagai dosis toxic. Dosis toxic ini dapat sampai mengakibatkan kematian, disebut sebagai dosis letal. Takaran dosis yang ada dalam farmakope umumnya untuk dosis orang dewasa, sedangkan dosis obat untuk bayi dan anak-anak memerlukan rumus perhitungan khusus, seperti dibawah ini:

Cara Menghitung Dosis Obat Untuk Bayi, Anak, dan Dewasa

Cara menghitung dosis untuk anak-anak :

1. Berdasarkan umur

a. Rumus young (untuk anak usia dibawah 8 tahun)

Keterangan : n adalah umur dalam tahun.

b. Rumus dilling (untuk anak Besar-sama dengan 8 tahun)

Keterangan : n adalah umur dalam tahun.

c. Rumus Fried (untuk bayi)

Keterangan : n adalah umur dalam bulan.

2. Dosis Obat Berdasarkan berat badan

Perhitungan dosis berdasarkan berat badan sebenarnya lebih tepat karna sesuai dengan kondisi pasien ketimbang umur yang terkadang tidak sesuai dengan berat badan, bila memungkinkan hitung dosis melalui berat badan

d. Rumus Thermich

Keterangan : n adalah berat badan dalam kilogram.

3. Rumus untuk menentukan persentase DM obat

Persentase DM sekali :

Persentase DM sehari :

Baca juga : Cara Menghitung Tetesan Infus

Sekian ulasan mengenai cara menghitung dosis obat untuk bayi, anak, dan dewasa yang benar dan tepat terbaru 2018 yang dapat kami tuliskan kali ini. Semoga apa yang telah kita pelajari dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Keywords:

cara menghitung dosis obat,menghitung dosis,cara menghitung dosis,cara menghitung dosis obat sirup untuk bayi,cara menghitung dosis obat injeksi pada anak,cara menghitung dosis obat anak,cara menghitung dosis lazim,cara menghitung dosis berdasarkan berat badan bayi,cara menghitung dos,soal perhitungan dosis maksimum