Cara Menghitung Persen di Excel dan Kalkulator + Contoh Soal

Rumus Persen – Apakah anda sedang bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghitung persen di Excel atau di Kalkulator? Nah, kali ini kami akan memberikan ulasannya lengkap dengan beberapa contoh soal mencari nilai persen agar kita dapat dengan cepat dan mudah mempelajari rumus persentase. Pada dasarnya menghitung persentase ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Semua orang tentu saja pernah belajar cara hitung persentase sewaktu duduk di bangku sekolah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari kita yang sudah lupa tentang cara menghitung persentase.

Sewaktu di sekolah dahulu kita pasti pernah belajar tentang cara menghitung persen di excel pada pelajaran telekomunikasi dan informasi, atau sekedar mencari dengan rumus persentase sederhana dalam pelajaran matematika. Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menghitung persentase, ada baiknya kita mengulas terlebih dahulu tentang apakah pengertian Persen itu?

Persen atau istilah lain per-peran yang pernah kita dapat dari materi sekolah dulu, karena ingin tahu kembali bagaimana cara mencari/menghitung persen, akhirnya mencoba untuk mempelajarinya kembali dan pastinya tidak hanya satu sumber saja yang saya gunakan, tetapi banyak mulai dari internet sampai buku saya mengacak-acak(pelajari) dan hasilnya cukup membantu saya dalam menagani dalam perhitungan persen.

cara menghitung persen

Berikut juga saya mau berbagi juga buat teman-teman yang ingin mempelajari atau ingin tahu cara perhitungan persent. Pengenalan singkat tentang persen. Pesen adalah Per100(semua sudah tahu itu) dengan rumus Jumlah yang ingin dicari – Bagi jumlah – jumlah keseluruhan dikali, dan akan didapat hasilnya dan itu persennya. Lalu bagaimana rumus menghitung persen? Tentu saja berbeda dengan rumus BEP. Secara detailnya, berikut kami tuliskan ulasannya.

Cara Menghitung Persen di Excel

Rumus persen adalah:

Menampilkan Persentase di Excel

Di microsoft Excel ada beragam format untuk angka salah satunya format persentase (Percentage). Secara default persentase akan disajikan dalam format pecahan desimal. Misalkan nilai yang seharusnya 25% dalam format default akan ditampilkan dengan 0,25. Untuk menampilkan format persentase sobat harus mengubah format cell yang berisikan nilai tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih cell yang akan yang berisi data yang tampilannya akan diubah ke bentuk persentase.
  • Klik kanan pilih format cell atau bisa dengan shortcut Ctrl + 1 atau bisa juga dengan memilih menu home lihat kota format cell di box number
  • Akan muncul dialog box format cell. Pilih percentage kemudian akan ada pilihan jumlah desimal yang akan ditampilkan. Pilih sesuai kebutuhan kemudian tekan okdialog box format cell
  • Misal 0,25 setelah diformat akan menjadi 25% jika kita memilih jumlah desimal di belakang 2 maka akan menjadi 25,00%
  • Misal 0,1234 setelah di format akan menjadi 12,34%.

Contoh Soal Menghitung Persentase

Saya dan teman saya sedang bisnis ceritanya nih! sebut saja temen saya Budi dan saya bisnis kami adalah jual Modem. Katanya bisnis cukup lumayan besar dan modem sudah terjual sebesar Rp.400.000,00. dan saatnya pembagian hasil penjualan modem tersebut. Saya mendapat Rp.150 dari dari penjualan modem tersebut, dan yang menjadi pertayaan berapa persen yang didapat Budi? kita gunakan rumus diatas, berikut detailnya:

(Cara 1). 150:400= 0.375. (Cara 2). 150×100%= 15.000 400 Part 2 (Cara 1). 0.375×100= 37.5%.

(Cara 2). 15.000:400= 37.5% Jadi hasil yang dimiliki Budi adalah 37.5% dari jumlah Rp.400(62.5%).

Gimana mudah bukan? Sekian ulasan mengenai cara menghitung persentase di Excel dan secara manual di Kalkulator beserta contoh soal perhitungan persen dan jawaban pembahasannya yang dapat kami tuliskan kali ini. Semoga apa yang telah kami tulis dalam artikel ini dapat bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita semua.