Cara Menghitung Nilai Resistor 4 dan 5 Warna

Cara Menghitung Resistor + Tabel Kode Warna dan Simbol Resistor. Dalam ulasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghitung nilai resitor 4/ 5 warna dan membedakan warna/ simbol pada resitor. Bagi anda yang akrab dengan teknil elektro, mungkin hal ini sudah tidak asing lagi bagi anda. Nah, untuk yang belum tahu, apa sih yang dimaksud dengan resitor itu? Pengertian resitor adalah komponen penting dan sering dijumpai dalam sirkuit Elektronik. Atau bisa dikatakan hampir setiap sirkuit Elektronik pasti terdapat resistor.

Tetapi banyak diantara kita yang bekerja di perusahaan perakitan Elektronik maupun yang menggunakan peralatan Elektronik tersebut tidak mengetahui cara membaca kode warna ataupun kode angka yang ada ditubuh Resistor itu sendiri. Nah, disini akan saya bagikan cara membaca resitor dengan metode membedakan kode warna resitor.

Sebuah nilai resistansi yang ada pada resistor ditentukan oleh kode-kode warna yang terdapat pada badan resistor tersebut. Jumlah gelang warna yang ada pada badan resistor pada umumnya yang beredar dipasaran adalah berjumlah empat warna dan lima warna, namun pada jenis resistor tertentu terdapat 6 warna. Lalu bagaimana cara menghitung resistor yang benar ?

cara menghitung resistor

Cara Menghitung Resistor Tanpa Gelang :

Contoh soal menghitung resistor:

Sebuah resistor yang dalam bodynya tertulis angka 453, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Angka ke-1 memiliki nilai = 4
Angka ke-2 memiliki nilai = 5
Angka ke-3 merupakan jumlah nol dari angka 3 = 000 (3 nol) atau dikalikan dengan 103

Jadi, nilai resistor tersebut adalah 45.000 Ohm atau 475 kiloOhm atau 47 kOhm

Cara Menghitung Resistor 4 dan 5 Warna :

perhatikan gambar resitor dibawah ini,

Simbol resistor dalam dunia electronika arus lemah adalah seperti gambar berikut:

Kita bisa menentukan nilai berapakah resistansi pada

Resistor tersebut dengan mengetahui warna gelang yang ada pada body komponen tersebut.

sebagai acuan kita bisa lihat penjelasan seperti gambar berikut ini

Resistor adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai tahanan / hambatan dalam menahan arus masuk. Pada resistor terdapat gelang warna yaitu gelang pertama  tidak boleh langsung berwarna hitam serta pada gelang ketiga berwarna emas, perak, tanpa warna ( emas x 1/10 dan perak x 1/100 ). dan resistor memiliki beberapa Ukuran atau jenisnya,..dalam hal ukuran mulai dari 1/2 , 1/4, 1/8, 2, 3, dan emapat serta jenisnya berdasarkan jumplah gelang atau pita yang melingkar, ada yang 4 gelang, 5 gelang. Gelang terakhir sebagai toleransi penghitungan,……serta memiliki satuan seperti, OHM, KILO, MEGA.

Perhatikan gambar dibawah ini, satuan simbol dalam resitor dilambangkan dengan :

Jenis Ukuran Resistor:

Tabel Resitor berdasarkan kode warna resitor.

Nilai Warna Pada Resistor

Menghitung Toleransi  dan Kode Warna Resitor

Tabel Warna Resistor :

NoSusunan WarnaNilaiKeterangan
1.Coklat, Hitam, emas, emas1 OhmBertorleransi  5%
2.Coklat, Hitam, Hitam, Emas10 OhmBertorleransi  5%
3.Coklat, Hitam , Orange, Emas10 K / KiloBertorleransi  5%
4.Coklat, Hitam, Kuning, Emas100 K / KiloBertorleransi  5%
5.Coklat, Hitam, Biru, Emas10 MegaBertorleransi  5%
6.Coklat, Hitam, Emas, Perak1,0 OhmBertorleransi  10%
7.Orange, Putih, Emas, Perak3,9 OhmBertorleransi  10%
8.Hijau, Hitam, Perak, Emas0,5 OhmBertorleransi  5%

Label, skema atau simbol resitor di atas smuanya menunjukan besaran nilai dan kode unik pada setiap gelang warna yang ada pada resistor. Dengan memahami gambar resitor diatas, kami harap anda dapat menghitung nilai resitor dengan mudah. Sekian ulasan mengenai cara menghitung resistor 4 / 5 warna yang dapat kami sajikan kali ini. Semoga dapat bermanfaat.

Keywords:

cara menghitung resistor,cara membedakan resistor,cara menghitung kode warna resistor,cara menghitung nilai resistor,cara menghitung resistor 4 warna,cara membaca resistor,cara hitung nilai tahanan resistor,cara baca gelang warna resistor,Warna Restan,baca resistor 4 garis