1 Meter Berapa Cm? Berikut Cara Menghitung Skala Jarak Peta

Cara Menghitung Skala –  1 Meter Berapa Cm? Pertanyaan tersebut mungkin seringkali kita dengar. Mungkin banyak orang masih belum mengetahui bagaimana cara menghitung jarak sebenarnya pada sebuah peta. Nah, ulasan kali ini kita akan membahas langsung mengenai cara menghitung skala jarak pada peta lengkap dengan beberapa contoh soal menghitung skala peta yang sekiranya akan membantu kita untuk dapat dengan mudah menguasai materi rumus skala ini.

Tentunya pada pelajaran Matematika maupun geografi pasti membahas tentang Peta termasuk menghitung rumus skala, mencari, atau menentukan jarak pada peta, skala peta, jarak sebenarnya dari suatu kota ke kota lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang rumus jarak pada peta, skala peta, jarak sebenarnya yang meliputi tentang cara menentukan jarak pada peta, cara menentukan skala peta, cara menentukan jarak sebenarnya.

Untuk menghitung, mencari, atau menentukan jarak pada peta, skala peta, jarak sebenarnya kita masih menggunakan segitiga ajaib seperti menghitung, mencari, atau menentukan volume, debit, dan waktu pada pelajaran Debit Air. Perbedaannya hanya pada hurufnya saja. Namun demikian tentunya huruf pada rumus mengandung pengertian yang tidak sama.

cara menghitung skala

Sebelum kita membahas rumus skala peta lebih lanjut, ada baiknya kita simak terlebih dahulu pengertian skala dan jarak pada sebuah peta berikut ini:

  • Pengertian Jarak pada Peta
    Jarak pada peta adalah jarak antara satu wilayah ke wilayah lain yang ada pada peta mewakili jarak sebenarnya di atas permukaan bumi. Jarak pada peta ini biasanya menggunakan satuan cm.
  • Pengertian Skala Peta
    Skala peta adalah rasio atau angka perbandingan antara jarak dua titik pada peta dengan jarak sebenarnya di atas permukaan bumi. Skala peta biasanya menggunakan perbandingan misal 1: 500.000 dibaca 1 cm pada peta mewakili 500.000 cm/ 5 km (jarak sebenarnya) di atas permukaan bumi.
  • Pengertian Jarak Sebenarnya
    Jarak sebenarnya adalah jarak sebenarnya antara satu wilayah ke wilayah lain. Jarak sebenarnya biasanya menggunakan satuan km.

Rumus Skala Peta :

Dapat kita lihat pada gambar diatas, sebenarnya metode atau cara menghitung jarak sebenarnya pada peta tidaklah sulit, berikut ketentuan rumus skala peta:

  • Jarak sebenarnya = Jarak Peta X Skala
  • Jarak Peta = Jarak Sebenarnya : Skala
  • Skala = Jarak Sebenarnya : jarak Peta.

Contoh Soal Menentukan Jarak Sebenarnya Pada Peta

Jarak kota A ke kota B 60 km. Jarak tersebut digambar pada peta dengan skala 1 : 1.500.000. Berapa cm jarak kota A-B pada peta?

Jawab:
Diketahui jarak sebenarnya = 60 km = 6.000.000 cm (jarak harus dirubah menjadi cm)
Skala peta = 1 : 1.500.000

Ditanyakan jarak pada peta?

JP = S x JB
JP = 1/1.500.000 x 6.000.000
JP = 4 cm

Jadi jarak pada peta adalah 4 cm. Nah, mudah bukan menghitung skala peta dengan menggunakan rumus diatas? Sekian ulasan kita kali ini mengenai cara menghitung skala pada peta terbaru 2018 yang dapat kami tuliskan. Semoga apa yang kita bahas dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Keywords:

Rumus skala,rumus meter,belajar menghitung sekala peta,skala,cara menghitung skala peta,cara menghitung skala perbandingan,skala peta,cara menghitung skala denah2150 m persegi,cara menghitung skala,cara menghitung ska