Cara Menghitung Masa Subur Wanita (Siklus Menstruasi)

Cara menghitung masa subur wanita (siklus menstruasi) menggunakan kalkulator masa subur memang gampang-gampang susah. Namun anda tidak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini kami akan berbagi sebuah tips ampuh untuk menghitung atau mengetahui masa subur perempuan untuk program kehamilan. Nah, bagi setiap wanita untuk mengetahui masa subur ini adalah hal penting yang haru diperhatikan, khususnya bagi bunda yang sedang menanti si buah hati. Dengan menghitung masa subur dan siklus menstruasi anda, tentu bunda akan lebih mudah untuk memiliki anak yang sehat dan lucu.

Hal ini dikarenakan karena, ketika terjadi persenggamahan yang tepat pada masa subur, apalagi pada masa ovulasi yaitu waktu puncak Kesuburan Wanita, Presentase untuk terjadi kehamilan akan lebih mudah. Maka dari itu, bagi anda seorang Suami atau Istri yang ingin cepat mempunyai anak, harus mengetahui kapan masa subur istri dengan tepat. Dan bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur wanita dengan mudah, maka penjelasan dibawah ini harus anda perhatikan dan pahami.

Secara garis besar masa subur wanita dibedakan antara masa puncak masa subur dan masa subur biasa. Masa puncak subur wanita adalah 13 hari sesudah hari pertama Haid (hari pertama menstruasi + 13 hari). Sedangkan masa subur biasa pada wanita adalah; Masa Puncak Subur -3 hari sampai dengan Masa Puncak Subur + 3 hari. Sebagai contoh mudah penjelasan masa subur wanita adalah, apabila hari pertama menstruasi adalah tanggal 10 maka tanggal masa puncak subur anda pada tanggal 23, dan masa subur awal tanggal 20 dan masa subur akhir tanggal 26.

masa subur wanita

Sedangkan Bagi anda yang mempunyai siklus Menstruasi yang tidak teratur, maka anda harus mencatat panjang siklus haid minimal selama 6 siklus atau 6 bulan. Dan untuk perhitungannya adalah dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan makan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Dan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Berikut kami sertakan aplikasi kalkulator masa subur untuk anda yang ingin mengecek dan menghitung masa subur menstruasi dimana aplikasi kalkulator haid ini bersumber dari situs Luvizhea.com.

Kalkulator Masa Subur :

Tanggal Pertama Menstruasi:

Siklus menstruasi Anda: hari
Tanggal Paling Subur:
Masa Subur Anda:
(+) Lakukan Tespack pada:
(–) Menstruasi lagi pada:

Notes: Aplikasi kalkulator masa subur diatas hanyalah simulasi, jika anda tidak berhasil menghitung siklus menstruasi anda melalui kalkulator diatas, silahkan anda bisa langsung mengunjungi situs yang membuat aplikasi masa subur wanita diatas di : https://luvizhea.com/kalkulator-masa-subur/

Cara Menghitung Masa Subur Wanita (Siklus Menstruasi)

Sebagai contoh perhitungan Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi yang tidak teratur adalah; apabila siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, Sehingga didapatkan masa subur anda antara hari ke 8 sampai hari ke 20. Nah, langsung saja berikut adalah cara menghitung masa subur termudah, tercepat dan mendekati ketepatan diatas 99% akurat dengan menggunakan kalkulator masa subur dilengkapi dengan tabel dan contoh soal.

Siklus Menstruasi Pada Wanita

Masa menstruasi – Pada hari pertama siklus Anda, endometrium (rahim) mulai luruh. Anda mengetahuinya sebagai menstruasi. Masa menstruasi normal bisa berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat menstruasi berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah saat Anda merasakan atau mengalami kram di panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram merupakan tanda rahim Anda berkontraksi, membantu endometrium meluruhkan darah.

Fase folikular – Selama fase folikular, foliker telur pada ovarium siapa melepaskan telur. Biasanya, satu telur dilepaskan setiap siklusnya. Proses ini bisa memakan waktu yang sebentar atau lama dan memainkan peran penting pada berapa lama siklus Anda. Pada saat bersamaan, rahim mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

Fase luteal – Fase ini dimulai pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini bisa terjadi kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus menstruasi yang normal. Jika sel telur dibuahi oleh sperma dan kemudian menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Jika sel telur tidak dibuahi, endometrium akan luruh.

Bagaimana, cukup mudah bukan mengetahui masa subur serta siklus menstruasi/ haid pada wanita? Sekian ulasan mengenai Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang benar dan tepat yang dapat kami tuliskan kali ini. Semoga apa yang telah kami tulis ini dapat bermanfaat.

Keywords:

kalkulator masa subur akurat dan berhasil,kalkulator masa subur,kalkulator masa subur wanita,masa subur siklus menstruasi,kalkulator masa subur akurat,kalkulator masa,kalkulator kesubura,kalkulator,diagram masa subur,diagram masa