Cara Membaca dan Menghitung Mikrometer Sekrup

Mikrometer Sekrup – Bagi anda yang sedang memiliki pertanyaan seputar cara membaca Mikrometer Sekrup atau bagaimana cara menghitung mikrometer sekrup, kali ini kami akan memberikan ulasan lengkapnya khusus untuk anda langsung dalam artikel ini. Pada dasarnya Pengertian mikrometer sekrup adalah alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur kepanjangan, diameter, atau ketebalan suatu benda. Tingkat presisi (keakuratan) alat ini sangat tinggi, yakni mencapai 0,01 mm atau 10 kali lebih teliti dibandingkan jangka sorong yang hanya mencapai 0,1 mm.

Cara menggunakan mikrometer sekrup menggunakan tingkat presisi yang tinggi ini membuat mikrometer sekrup kerap digunakan untuk mengukur benda berukuran kecil. Bagi Anda yang belum tahu seperti apa bentuk alat ini, bagian-bagian, serta cara menggunakan mikrometer sekrup yang benar, di artikel kali ini kami akan membahasnya sebagai bahan pembelajaran untuk kita semua. Selanjutnya mari kita simak gambar mikrometer sekrup beserta bagian-bagiannya berikut ini.

Dari keterangan gambar mikrometer sekrup diatas dapat kita lihat ada 7 bagian mikrometer sekrup yang perlu kita ketahui. Bagian-bagian dari mikrometer sekrup tersebut antara lain sebagai berikut.

Mikrometer sekrup
Gambar Mikrometer Sekrup

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup :

  • Poros Tetap yang terletak di ujung lengkung frame dan tidak bisa bergerak.
  • Poros Geser ada di ujung lengkung frame lainnya dan bisa digerakan dengan memutar pemutarnya.
  • Skala utama pada mikrometer sekrup terletak sejajar poros geser dan menujukan skala dalam satuan mm.
  • Skala Nonius (Skala Putar) pada mikrometer sekrup terletak di samping skala utama dan memutari skala utama. Ketelitian skala nonius adalah 0,01 mm.
  • Pemutar mikrometer sekrup terletak di samping skala nonius dan dapat diputar untuk menggerakkan poros geser.
  • Pengunci pada alat mikrometer sekrup berfungsi untuk mengunci poros geser agar tidak bergerak.
  • Rachet pada mikrometer sekrup adalah bagian yang tidak memiliki fungsi selain untuk membantu pergerakan poros geser. Jika poros geser bergera, rachet juga ikut bergerak.
  • Frame yang ada pada mikrometer sekrup berbentuk U sebagai rangka poros.

Cara Membaca Skala Mikrometer Sekrup

Umumnya Skala pada mikrometer dibagi dua jenis, yaitu skala utama dan skala putar atau skala nonius. Penjelasan kedua skala pada mikrometer sekrup adalah sebagai berikut:

Pengertian Skala Utama

Terdiri dari skala : 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya yang berada pada bagian atas. Dan nilai tengah : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya yang berada dibagian bawah.

Pengertian Skala Nonius atau Skala Putar

Terdiri atas skala 1 sampai dengan 50. Setiap skala putar atau skala nonius berputar mundur 1kali putaran maka skala utama bertambah 0,5 mm. Sehingga dari logika tersebut dapat diperoleh 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm.

Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

Seperti kita tahu, mikrometer sekrup terdiri dari 2 skala, yaitu skala utama (terletak pada poros geser) dan skala nonius atau skala putar (terletak pada pemutar). Masing-masing skala ini memiliki fungsi berbeda.

Skala utama memiliki angka-angka yang mewakili satuan milimeter (mm), dan dibagian tengah antar angka-angka tersebut terdapat titik tengah. Pada contoh gambar di atas misalnya, skala utama menunjukan angka 5,5 mm.

Skala nonius memiliki angka-angka yang mewakili skala mikrometer (0,01 mm). Skalanya sendiri ada 50 buah garis dalam satu putaran penuh. Adapun jika skala nonius diputar penuh, poros geser umumnya akan bergeser sebanyak 0,5 mm. Sehingga setiap garis pada skala nonius mewakili ketebalan 0,5 mm dibagi 59 garis = 0,01 mm.

Perhatikan pada contoh gambar mikrometer sekrup di atas, skala nonius micrometer sekrup menunjukan garis ke 26, yang berarti mewakili 0,26 mm. Nah, dari pengamatan kedua skala tersebut, sekarang kita bisa menghitung berapa ketebalan benda yang diukur dengan menjumlah nilai yang ditunjukan skala utama dan skala nonius, yaitu = 5,5 mm + 0,26 mm = 5,76 mm.

Baca juga :

Dari sini dapat kita ambil kesimpulan ternyata cukup mudah bukan cara membaca dan menghitung Mikrometer Sekrup yang kami tuliskan diatas? Sekian ulasan kita kali ini. Semoga apa yang telah kita pelajari dari artikel ini dapat bermanfaat.

Keywords:

Rata rata hitung dan modus,mikrometer,cara mebghitung micrometer,Menghitung luas dan volume menggunakan mikrometer,pada skala utama mikro meter