Rumus Standard Deviasi dan Cara Menghitung di Excell

Standard Deviasi – Apakah anda sedang mengalami kesulitan untuk menghitung rumus standard deviasi secara manual di kalkulator maupun menggunakan microsoft Excel? Nah, dalam ulasan kali ini kami akan memberikan kemudahan bagi anda untuk belajar kembali tentang standar deviasi. Namun pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan standar deviasi atau simpangan baku tersebut. Bagi anda yang belum mengerti tentang apakah itu standar deviasi, berikut adalah pengertian lengkapnya beserta contoh soal bagaimana cara menghitung nilai standard deviasi di excell.

Pengertian Standard Deviasi

Standar deviasi adalah suatu nilai yang digunakan untuk menunjukkan ukuran dispersi atau variasi. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan standar deviasi daripada varian untuk mengetahui ukuran dispersi atau variasi. Hal ini disebabkan nilai standar deviasi memiliki satuan ukuran yang sama dengan satuan ukuran data sumbernya. Jadi semisalkan terdapat sebuah sampel data dengan satuan meter, maka nilai standar deviasinya juga memiliki satuan meter.

Sedangkan, varian memiliki nilai satuan ukuran kuadrat, sehingga nilainya menjadi meter kuadrat. Dalam ilmu statistika, standar deviasi adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur jumlah variasi atau sebaran sejumlah nilai data. Artinya, semakin rendah standar deviasi, maka semakin mendekati rata-rata, sedangkan jika nilai standar deviasi semakin tinggi maka semakin lebar rentang variasi datanya. Sehingga standar deviasi merupakan besar perbedaan dari nilai sampel terhadap rata-rata.

Standar deviasi juga disebut simpangan baku dan disimbolkan dengan alfabet Yunani sigma σ atau huruf Latin s. Dalam bahasa Inggris, standar deviasi disebut standard deviation. Standar deviasi excel atau manual pada dasarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut ini adalah rumus standar deviasi yang mudah untuk dipahami.

Rumus Standard Deviasi

Agar dapat menghitung standar deviasi baik manual ataupun standar deviasi excel, mari kita simak baik-baik rumus standar deviasi dibawah ini:

standard deviasi

Keterangan:

  • s = standar deviasi
  • xi = nilai x ke i
  • = nilai rata-rata
  • n = ukuran banyaknya data.

Standar deviasi biasanya disimbolkan dengan huruf s. Sebelum mencari nilai standar deviasi, pertama Anda harus mengetahui nilai rata-rata data tersebut. Agar semakin jelas perhatikan rumus standar deviasi atau simpangan baku pada gambar di atas.

Beberapa Fungsi Standar Deviasi dalam kehidupan :

  • Digunakan untuk membaca kecepatan detak jantung.
  • Mengukur tinggi badan.
  • Menghitung berat badan.
  • Digunakan untuk menentukkan jumlah resiko dan volatesitas terkait dengan investasi tertentu.
  • Digunakan sebagai bahan untuk mengambil suatu keputusan dalam konteks perisdustrian, misalnya : marketing, quality assurance, rekayasa produk, dan sebagainya.

Contoh Soal Menghitung Standard Deviasi di Excell :

1. Langkah pertama buatlah tabel di Excell yang berisi data angka. Misalkan anda menggunakan data yang tak berurutan mulai dari angka terkecil hingga yang terbesar. Silahkan lihat langsung pada tabel excell dibawah ini.

standard deviasi excell

2. Untuk menghitung standard deviasi di excell pada tabel contoh soal diatas (kolom C3 ) , Langsung saja anda input kan rumus standard deviasi excell dibawah ini :

=STDEV(A3:A13)

Cukup mudah bukan ? sekian ulasan mengenai cara menghitung rumus standard deviasi secara manual di kalkulator maupun menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang dapat kami tuliskan kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas dalam artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kita semua. Dan untuk menambah wawasan anda seputar rumus matematika, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel yang berisi cara menghitung simpangan baku. Trimakasih!

Keywords:

standar deviasi,satuan standar deviasi,rumus standar deviasi pemrograman,rumus standar deviasi dan cara membacanya,rumus standar deviasi,rumus menghitung standar deviasi,mencari nilai standar deviasi di excel,cara menghitung standar devisiasi yang mudah,cara menghitung standar deviasi,cara menghitung standar